Saturday 12 July 2014

Tugas Panahan


PENDAHULUAN

Istilah perhatian dan konsentrasi sering diartikan sarna, pada hal kedua istilah tersebut  memiliki perbedaan. Perhatian merupakan proses kesadaran langsung terhadap informasi (rangsang) yang diterima untuk memutuskan suatu tindakan (respons). Sedangkan konsentrasi adalah kemampuan seseorang untuk memusatkan perhatian pada rangsang yang dipilih (satu  objek) dalam waktu tertentu. Artinya, proses terjadinya konsentrasi selalu didahului oleh adanya  perhatian seseorang terhadap satu objek yang dipilih. Dengan demikian konsentrasi merupakan     perhatian dalam rentangan waktu yang lama, sehingga selama dalam aktivitas olahraga yang  diperlukan adalah  konsentrasi.
Adapun teori model dari perhatian yang terfokus dipengaruhi oleh dua hal, yaitu luasnya  perhatian dan arah perhatian. Perhatian seseorang dapat meluas atau menyempit dengan  arahnya dapat ke luar maupun ke dalam. Oleh  karena itu, daya konsentrasi seseorang dapat dipengamhi oleh gangguan yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya. Beberapa gangguan yang berasal dari diri sendiri antara lain memikirkan kejadian (kegagalan) yang bam     saja berlalu, memikirkan hasil yang akan dicapai, merasa tercekik dan tertekan, gangguan fisiologis, kelelahan, dan motivasi yang kurang. Sedangkan gangguan dari luar antara lain  rangsang yang  mencolok, suara yang keras,dan peran gurat syaraf yang dilakukan lawan.
Selanjutnya beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi antara lain melalui melalui pandangan dan pikiran pada satu objek tertentu, tarik napas dalam-dalam, bahasa tubuh yang baik, dan lakukan rituals (kebiasaan). Untuk mendukung cara-cara latihan tersebut diperlukan beberapa tip antara lain pada saat latihan hams menyerupai pertandingan (simulasi), gunakan kata-kata penyemangat diri, hindari  pikiran  yang negatif saat bertanding, lakukan rutinitas yang baik saat latihan, menyusun rencana bertanding, memfokuskan pandangan, lakukan monitoring terhadap dirinya, dan bekali diri dengan keterampilan yang ekstra.
Kernarnpuan olahragawan untuk rnernperhatikan dan rnelakukan konsentrasi sangat tergantung dari  kekuatan pengganggu yang  rnuncul.  Pada  hal  selama dalam aktivitas olahraga banyak ragarn gangguan yang rnuncul  dan  rnenarik  perhatian,    sehingga kernungkinan besar dapat rnengganggu  daya konsentrasi olahragawan dalarn beraktivitas. Ada  dua jenis gangguan yang  terjadi  pada  diri olahragawan  pada saat  rnelakukan  aktivitas, yaitu   gangguan yang berasal  dari  dalam    dan   gangguan  yang   berasal  dari  luar dirinya. Beberapa  gangguan yang berasal dari  dalam  diri sendiri   antara  lain olahragawan selalu rnemikirkan kejadian (kegagalan) yang barn  saja berlalu,   rnemikirkan     hasil  yang akan dicapai, rnerasa   tercekik  dan tertekan, adanya  gangguan     secara  fisiologis,   kelelahan,   dan  rnotivasi yang   kurang. Sedangkan gangguan     yang  berasal   dari  luar  antara   lain adanya    rangsang   yang  rnencolok,   suara  yang   keras,  dan  perang    urat  syaraf  yang  dilakukan    lawan.
Panahan atau memanah adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian sebagai olahraga ketepatan. Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah.
Olahraga Panahan adalah olahraga yang membutuhkan skill khusus, baik ketepatan, koordinasi maupun melatih mental & meningkatkan kondisi jasmani secara prima. Untuk mendapatkan ketepatan ketika menembak, atlet pemanah harus memiliki konsentrasi yang tinggi ketika akan memanah. Oleh karena itu tulisan in iditulis untuk mengetahui tingkat konsentrasi atlet dalam prestasi panahan.

PEMBAHASAN

Konsentrasi adalah kemampuan olahragawan dalam memelihara fokus  perhatiannya pada    lingkungan pertandingan yang relevan (Weinberg dan Gould, 2003: 353-354).  Menurut Martens (1988: 146) konsentrasi adalah kemampuan olahragawan untuk memusatkan perhatiannya pada satu rangsang yang dipilih (satu objek)  dalam periode waktu tertentu.  Selanjutnya,  konsentrasi merupakan kemampuan untuk focus pada berbagai faktor yang relevan dengan pertandingan dan mampu memeliharanya selama durasi pertandingan (Crespo dan Miley, 1998: 109).  Berdasarkan ketiga pendapat tersebut, maka pengertian konsentrasi mengandung makna arah perhatian yang menyempit (mengkhusus),  suatu fiksasi perhatian terhadap rangsang tertentu, dan kelanjutan perhatian pada rangsang yang dipilih.  Dengan demikian pengertian konsentrasi dalam olahraga memiliki empat ciri, yaitu  (1) fokus pada suatu objek yang relevan (perhatian yang selektit),  (2)  memelihara focus perhatian dalamjangka waktu lama, (3) memiliki kesadaran pada situasi, dan (4) meningkatkan focus perhatian jika diperlukan.
Olah­raga panahan adalah salah satu cabang olahraga bukan saja dapat memberikan prestasi di bidangnya tetapi juga dapat memberikan tambahan kepada si pemanah agar belajar berkon­sentrasi tinggi saat membidik sasaranya. Bukan hanya papan angka yang tertera di depan saat akan melepaskan anak panah, akan tetapi sasaran dalam bentuk yang lainnya, seperti cita-cita, karier dan pen­didikan. Olahraga Panahan adalah olahraga yang membutuhkan skill khusus, baik ketepatan, koordinasi maupun melatih mental & meningkatkan kondisi jasmani secara prima.
Dalam olahraga ini  konsentrsai atlet sangat dibutuhkan agar memperoleh hasil yang maksimal. 

No comments:

Post a Comment