Saturday 5 July 2014

Contoh Kata Pengantar


Kata pengantar untuk karya ilmiah (baik tugas akhir, skripsi, thesis, maupun disertasi) merupakan hal yang harus ada. Terkadang untuk membuat suatu kata pengantar menjadi sulit untuk beberapa penulis pemula. Nah disini Gue pengen sedikit share tentang contoh kata pengantar.
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi berjudul Karakteristik Agroforestri Trees Along Border pada Variasi Luas Lahan Milik di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul” sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak. Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya:
1.      Kedua orang tua penulis, yakni: Ayahanda Dwijo Hartono, Ibunda Suhartinah dan kakak-kakakku Rina Sarwidadi dan Neni Puji Astuti, yang tetap memberikan semangat, doa dan bantuan baik moril maupun materil.
2.      Dr. Priyono Suryanto, S.Hut., M.P. dan Dr. Budiadi, S.Hut., M.Agr., Sc. selaku Pembimbing Utama dan Pembimbing Pendamping yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberi bimbingan, saran, kritik dan dukungan dalam penulisan skripsi.
3.      Ir. Adriana, M.P., dan Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. selaku dosen penguji yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberi bimbingan, saran, kritik dan dukungan dalam penulisan skripsi.
4.      Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yang telah memberikan motivasi, pelajaran berharga dan pengarahan dalam isi materi skripsi.
5.      Dr. Ir. Haryono Supriyo, M.Agr. selaku Pembimbing Akademik yang telah memberi motivasi dalam penulisan skripsi.
6.      Seluruh Staf Pendidik dan Staf Kependidikan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan Laboratorium Silvikultur dan Agroforestri Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yang telah memberikan bantuan dan motivasi.
7.      Teman dekatku, Kukuh Hardopo Putro yang selalu memberikan doa dan membantu penulis selama menyelesaikan skripsi.
8.      Bapak dukuh beserta keluarga dan perangkat Desa Nglanggeran yang selalu membantu dan memberikan motivasi yang sangat berharga selama penelitian bagi penulis .
9.      Teman-teman di Jurusan Budidaya Fakultas Kehutanan angkatan 2009 antara lain: Novy Widayati, Yuni Esti Lestari, Angine Sisca Hanindita, Hesti Wulan Ndari, Bahtiar Mahardika, Idham, Risa Ardhi, Tri Jati dan yang lain terima kasih atas dukungan dan kebersamaan yang telah kalian berikan.
10.  Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
            Penulis sangat menyadari bahwa skripsi ini belum seutuhnya sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Penulis juga berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan semua pihak yang membutuhkan, serta menambah pengetahuan tentang pola agroforesti di Indonesia.

Yogyakarta, Juni 2014

Penulis                                     

No comments:

Post a Comment