Saturday 5 July 2014

SALON KEPRIBADIAN 2 (TERUSAN YG KMRN GUYS)


Masih inget dong postingan review saya sebelumnya tentang beberapa sumber bau yang bikin temen2 muslimah dicap sebagai ‘muslimah nyebelin’. Nah kalo ini gue pengen review sedikit tentang buku salon kepribadian mbak Asma Nadia yg isinya tentang penampilan kita sebagai muslimah. Muslimah memang wajib menutup aurat, ga pake pakean yang ketat dan membentuk bagian tubuh kita, menutup dada, de es be. Tapi, muslimah juga ga melulu harus pakai pakaian gamis, kan? Muslimah boleh memakai rok dan atasan kaos, asal ga membentuk tubuh dan ketat.
Ga jarang Guys, banyak muslimah yang ga terlalu memperhatikan penampilannya, menganggap bahwa ‘hati’ adalah nomor satu dan penampilan merupakan prioritas paling buntut. Padahal, banyak orang yang menilai orang lain berawal dari penampilan kita. Bukankah penampilam memang yang dilihat pertama kali (bagi orang yang belum saling mengenal)?
Bagi muslimah, penampilan juga tetep harus diperhatikan Guys, kenapa? Karena kalau km berhijab tapi km dicap jelek karena penampilan kamu, maka Islam juga akan mendapat cap yang sama. Misalnya, “pakai jilbab kok jorok sih?”, “masa orang berjilbab kelakuannya kayak gitu?” dan lain-lain. Nah kan, ga cm kamu aja, tapi jilbabmu juga kena. Mbak Asma dalam buku SALON KEPRIBADIAN mengatakan TANGGUNG JAWAB kita adalah umtuk membuka mata mereka: Islam (baik agama maupun pengikutnya) adalah jalan kebaikan.
Menurut mbak Asma, ada beberapa nih, yang harus kita perhatiin untuk penampilan kita:
1. Wajah
- wajah yg nggak bersih (jerawat yg besar2, bekas darah dr jerawat dan komedo yg menumpuk) akan mengurangi wajah manismu
- semua orang pasti pernah sehabis makan pedas atau cabe, ada cabe yang nempel di gigi, hati2 Guys, itu akan merusak penampilanmu.
- bibir pecah2 akan mengurangi manis majahmu Guys, jangan lupa bawa pelembab bibir ^_^
- pernah, lilhat orang yg bulu hidungnya keluar? Jangan samai terjadi di kamu Guys. Bulu hidung memang berfungsi sebangai penangkap kotoran, tapi kalau keluar dr hidung -_-
- tampang bete (wajah gue banget, walopun dari sononya kayak gitu T_T), wajah kayak gini, sekalipun orangnya manis, akan ga enak banget dilihat. Jangan bete ke semua orang Guys, harus bisa tahan emosi ^_^
2. Serba serbi penampilan
- warna busana harus disesuaikan Guys, mungkin kamu nyaman dengan tabrak warna, kalau sesuai dan match sih ga masalah, jangan sampai orang lain yang lihat kamu sakit mata karena warna yang ga match.
- perhatikan juga corak busanamu Guys, jangan sampai km terlihat oldist, atau terlihat terlalu gendut. Sesuaikan dengan badan kamu, misal km kurus pakai garis horisontal agar terlihat lebih berisi.
- jangan sampai km dicap sebagai model trouble, hanya karena pakai baju yang terlalu kebesaran. Memang Islam mengharuskan muslimah memakai pakaian yang tidak membentuk badan, tapi kalau tv aja muat masuk kebaju, bisa km bayangkan sendiri lah ^_^
- mengetahui bentuk tubuhmu, akan sangat membantumu dalam memilih busana yang cocok untuk km kenakan.
3. Hal lain
Hal lain yang musti km perhatikan dalam berbusana Guys:
- jangan sampai benang2 yg ada di bajumu berlarian kemana2, akan menjatuhkan penampilan km yg udah manis
- buat kamu muslimah yang sering menggunakan legging untuk daleman, perhatikan ya, jangan sampai leggingmu lebih panjang dari rokmu, karena penampilanmu yang udah cantik adan luntur karena legging dan rokmu balapan ^_^
- ngirit boleh, tapi kalo baju udah dari jaman SMA masih kamu pakai pas udah kuliah tingkat akhir, Oh My God. Jangan sammpai, baju yg ada nilai kenangan dan historis, tidak harus dibuang, tapi tetep bisa disimpen ({})
- bajuyan udah kekecilan, jangan dipertahankan, bisa km simpen atau km sumbangin (kalao masih layak pakai ke adik, kerabat atau tetangga yang membutuhkan)
- jangan sampai jadi korban mode, dengan membeli semua yang serba “in” dan ketika dipakai hasilnya malah zonk. Boleh trendi, asalkan syar’i.
- Jangan deh jadi toko mas berjalan, pakailah yang sepantasnya, agar tidak dicap sebagai tukang pamer, dan meimbulkan kesenjangan sosial. Pakai perhiasan yang berlebihan malah akan menngundang niat orang untuk berbuat jahat.
- perhatikan pula situasi yang km hadiri saat itu, jangan ke acara pemakaman nenggukan pakaian kondangan, atau ke kampus pakai pakaian kondangan. Enggak bangetzzz
- The last,,, perhatikan accesoris pelengkapmu. Apakah tas, sepatu, perhiasan udah match sama pakaian yg kamu kenakan. Kalau low budget, bisa pilih aksesoris dengan piliha warna yang netral untuk semua bajumu.

Nah, udah tau kan, kalo penampilan untuk muslimah itu juga penting. Memperhatikan penampilan ga harus mahal Guys, yang penting kita nyaman dan apa yg kita kenakan sesuai dan tidak merusak pemandangan orang-orang disekitar kita. Sekian review dari gue Guys,,, jangan lupa di komen ya ^_^

No comments:

Post a Comment