Wednesday 9 July 2014

Laporan KKN-PPL (BAB I)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Analisis Situasi
Sebelum melaksanakan kegiatan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilakukan observasi dan analisis tentang proses pembelajaran olahraga di SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA untuk mengetahui segala potensi dan permasalahan yang ada sebagai pedoman menyusun PPL yang akan dilaksanakan, yaitu mengenai strategi pembelajaran yang akan diterapkan.
Mata pelajaran Olahraga diberikan kepada siswa kelas X, XI dan XII. Dalam satu minggu siswa mendapatkan pelajaran olahraga sebanyak 1 x pertemuan dimana masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 x 45 menit. Dari hasil pengamatan diperoleh berbagai informasi baik tentang perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, maupun perilaku siswa. Mengenai perangkat pembelajaran, baik KTSP, Silabus, maupun RPP sudah ada. Sedangkan dari proses pembelajaran, dapat diketahui bahwa secara keseluruhan cara mengajar guru sudah baik. Untuk suasana pembelajaran di luar kelas, guru sudah dapat menjalin komunikasi dengan siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA memiliki beberapa kelebihan yang mendukung proses belajar-mengajar olahraga. Kelebihan-kelebihan tersebut antara laen:
a.       Adanya lapangan bola voli, bola basket, bulutangkis yang memadai di halaman depan yang potensial bagi peningkatan pembelajaran olahraga
b.      Adanya sarana olahraga antara lain bola voli, bola basket, cakram, peluru, matras, lembing, dan sarana prasarana lainya yang dapat digunakan dalam proses KBM sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar olahraga.
c.       Adanya kegiatan ekstrakulikuler permainan voli dan basket yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bakat berolahraga.
d.      Adanya LCD di setiap kelas yang memudahkan guru dalam menggunakan media pembelajaran.
Selain mempunyai kelebihan-kelebihan di atas, SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya:
a.       Halaman parkir yang kurang sehingga lapangan yang tersedia untuk kegiatan belajar mengajar olahraga kadang penuh untuk parkir sehingga kegiatan praktik olahraga terganggu.
SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA memiliki fasilitas antara lain:
1.      Ruang Kelas
2.      Ruang Perpustakaan
3.      Ruang Tata Usaha ( TU )
4.      Ruang Kepala Sekolah
5.      Ruang Bimbingan Konseling ( BK )
6.      Ruang Guru
7.      Ruang Osis
8.      Ruang Unit Kesehatan Sekolah ( UKS )
9.      Ruang Koperasi Sekolah
10.  Ruang Ava ( Aula pertemuan )
11.  Laboratorium Kimia
12.  Laboratorium Fisika
13.  Laboratorium Biologi
14.  Laboratorium Komputer
15.  Tempat Ibadah
16.  Kamar Mandi ( Guru, Karyawan dan siswa )
17.  Gudang
18.  Gudang Pecinta Alam
19.  Tempat Parkir
Fasilitas tersebut pada umumnya dalam kondisi, walau ada beberapa fasilitas yang masih kurang memadai dan kurang berfungsi dengan baik.
Media Pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA sudah cukup memadai. Mulai dari perangkat konvesional seperti Whiteboard, Over head proyektor (OHP), Sampai pada perangkat modern seperti LCD.

B.     Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL
Berdasarkan observasi dan analisis situasi yang telah dilakukan, maka dirumuskan beberapa program kegiatan sebagai berikut:
A.    Praktik Mengajar
a.       Pelaksanaan           : Juli – Agustus 2011
b.      Sasaran                  : Siswa kelas X.D , X.E , XI IPA 1 , XI IPA 2 , XI IPA 3 , XI IPS 1 , XI IPS 2
c.       Tujuan : Mengintegrasikan dan mengimplemasikan ilmu yang telah dikuasai mahasiswa ke dalam praktek keguruan atau kependidikan.
d.      Bentuk : Kegiatan mengajar siswa di luar kelas dan di dl dalam kelas.
B.     Pelaksanaan Evaluasi
Evaluasi merupakan tolak ukur keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan di lapangan. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kemapuan siswa dalam menangkap atau memahami materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa. Dimana sebelum melaksanakan evaluasi, mahasiswa telah menentukan kriteria penilaian dari setiap yang sudah disampaikan. Selain evaluasi yang berupa praktek, praktikan juga seringkali megadakan post-test dan Pre-test. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengingat kembali pelajaran yang telah diberika sebelumnya. Dalam setiap kegiatan pengambilan nilai memiliki indicator sesuai dengan kurikulum yag sedang digunakan di sekolah.
C.    Mempelajari Administrasi Guru
Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa benar-benar mengetahui tugas-tugas administrasi guru selama mengajar di kelas. Selama program PPL berlangsung, pembuatan administrasi oleh guru otomatis harus dilakukan antara lain meliputi, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Silabus, Analisis Materi Pembelajaran (AMP), Buku Agenda Mengajar, dan Daftar Penilaian. Namun dalam hal dan kesempatan ini mahasiswa baru mempelajari mengenai daftar penilaian.


No comments:

Post a Comment