BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Analisis
Situasi
Sebelum
melaksanakan kegiatan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilakukan observasi dan
analisis tentang proses pembelajaran olahraga di SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA untuk
mengetahui segala potensi dan permasalahan yang ada sebagai pedoman menyusun
PPL yang akan dilaksanakan, yaitu mengenai strategi pembelajaran yang akan
diterapkan.
Mata
pelajaran Olahraga diberikan kepada siswa kelas X, XI dan XII. Dalam satu
minggu siswa mendapatkan pelajaran olahraga sebanyak 1 x pertemuan dimana
masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 x 45 menit. Dari hasil pengamatan
diperoleh berbagai informasi baik tentang perangkat pembelajaran, proses
pembelajaran, maupun perilaku siswa. Mengenai perangkat pembelajaran, baik
KTSP, Silabus, maupun RPP sudah ada. Sedangkan dari proses pembelajaran, dapat
diketahui bahwa secara keseluruhan cara mengajar guru sudah baik. Untuk suasana
pembelajaran di luar kelas, guru sudah dapat menjalin komunikasi dengan siswa
sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
SMA
NEGERI 10 YOGYAKARTA memiliki beberapa kelebihan yang mendukung proses
belajar-mengajar olahraga. Kelebihan-kelebihan tersebut antara laen:
a. Adanya
lapangan bola voli, bola basket, bulutangkis yang memadai di halaman depan yang
potensial bagi peningkatan pembelajaran olahraga
b. Adanya
sarana olahraga antara lain bola voli, bola basket, cakram, peluru, matras,
lembing, dan sarana prasarana lainya yang dapat digunakan dalam proses KBM
sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar olahraga.
c. Adanya
kegiatan ekstrakulikuler permainan voli dan basket yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam bakat berolahraga.
d. Adanya
LCD di setiap kelas yang memudahkan guru dalam menggunakan media pembelajaran.
Selain mempunyai kelebihan-kelebihan di atas, SMA
NEGERI 10 YOGYAKARTA juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya:
a. Halaman
parkir yang kurang sehingga lapangan yang tersedia untuk kegiatan belajar
mengajar olahraga kadang penuh untuk parkir sehingga kegiatan praktik olahraga
terganggu.
SMA
NEGERI 10 YOGYAKARTA memiliki fasilitas antara lain:
1. Ruang
Kelas
2. Ruang
Perpustakaan
3. Ruang
Tata Usaha ( TU )
4. Ruang
Kepala Sekolah
5. Ruang
Bimbingan Konseling ( BK )
6. Ruang
Guru
7. Ruang
Osis
8. Ruang
Unit Kesehatan Sekolah ( UKS )
9. Ruang
Koperasi Sekolah
10. Ruang
Ava ( Aula pertemuan )
11. Laboratorium
Kimia
12. Laboratorium
Fisika
13. Laboratorium
Biologi
14. Laboratorium
Komputer
15. Tempat
Ibadah
16. Kamar
Mandi ( Guru, Karyawan dan siswa )
17. Gudang
18. Gudang
Pecinta Alam
19. Tempat
Parkir
Fasilitas tersebut pada umumnya
dalam kondisi, walau ada beberapa fasilitas yang masih kurang memadai dan
kurang berfungsi dengan baik.
Media Pembelajaran yang digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar di SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA sudah cukup memadai.
Mulai dari perangkat konvesional seperti Whiteboard, Over head proyektor (OHP),
Sampai pada perangkat modern seperti LCD.
B. Perumusan Program dan Rancangan
Kegiatan PPL
Berdasarkan
observasi dan analisis situasi yang telah dilakukan, maka dirumuskan beberapa
program kegiatan sebagai berikut:
A.
Praktik
Mengajar
a. Pelaksanaan : Juli – Agustus 2011
b. Sasaran : Siswa kelas X.D , X.E , XI
IPA 1 , XI IPA 2 , XI IPA 3 , XI IPS 1 , XI IPS 2
c. Tujuan
: Mengintegrasikan dan mengimplemasikan ilmu yang telah dikuasai mahasiswa ke
dalam praktek keguruan atau kependidikan.
d. Bentuk
: Kegiatan mengajar siswa di luar kelas dan di dl dalam kelas.
B.
Pelaksanaan
Evaluasi
Evaluasi
merupakan tolak ukur keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan
di lapangan. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kemapuan siswa
dalam menangkap atau memahami materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa.
Dimana sebelum melaksanakan evaluasi, mahasiswa telah menentukan kriteria
penilaian dari setiap yang sudah disampaikan. Selain evaluasi yang berupa
praktek, praktikan juga seringkali megadakan post-test dan Pre-test. Hal ini
dilakukan agar siswa dapat mengingat kembali pelajaran yang telah diberika sebelumnya.
Dalam setiap kegiatan pengambilan nilai memiliki indicator sesuai dengan
kurikulum yag sedang digunakan di sekolah.
C.
Mempelajari
Administrasi Guru
Kegiatan ini
bertujuan agar mahasiswa benar-benar mengetahui tugas-tugas administrasi guru
selama mengajar di kelas. Selama program PPL berlangsung, pembuatan
administrasi oleh guru otomatis harus dilakukan antara lain meliputi, Program
Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Silabus, Analisis Materi
Pembelajaran (AMP), Buku Agenda Mengajar, dan Daftar Penilaian. Namun dalam hal
dan kesempatan ini mahasiswa baru mempelajari mengenai daftar penilaian.
No comments:
Post a Comment